LATEST POST
latest

Susu yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung atau GERD, Sebuah Pengalaman

Jika kita sudah terkena penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), rasanya sulit sekali menemukan makanan dan minuman yang benar-benar aman untuk lambung kita. Bahkan meskipun kita makan makanan yang sudah banyak disarankan di website-website kesehatan, tetap saja itu tidak menjamin bahwa makanan itu aman untuk lambung kita. Menurut saya, lambung setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda. Sehingga, bisa jadi makanan A aman bagi orang X tetapi tidak aman bagi orang Y. Atau mungkin itu dikarenakan level keparahan dari GERD yang diderita.

Susu merupakan minuman sehat yang baik dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tetapi minuman sehat ini ternyata tidak disarankan bagi penderita asam lambung atau GERD. Beberapa sumber mengatakan bahwa susu justru akan merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga dapat memperparah luka pada lambung, terutama susu murni. Pengalaman pribadi saya mengkonfirmasi akan hal itu, bahwa susu murni justru memperparah asam lambung saya.

Lain halnya dengan susu fermentasi, menurut beberapa sumber susu fermentasi justru aman bagi penderita asam lambung atau GERD. Kandungan asam laktatnya mampu membantu mempercepat penyembuhan luka pada lambung. Tetapi bagi saya yang juga menderita asam lambung atau GERD, susu fermentasi sangat tidak aman bagi lambung saya. Setiap saya minum susu fermentasi misalnya yoghurt, perut saya justru terasa melilit dan perih luar biasa. Oleh karena itu saya menghindari semua produk olahan susu fermentasi.

Saya pernah coba-coba untuk mengkonsumsi produk olahan susu lainnya, misalnya susu bubuk, susu kental manis, susu hasil pasteurisasi, dan lain-lain dari merek A sampai Z. Tujuan saya hanya satu, mencari susu apa yang aman untuk perut saya. Nyatanya sulit sekali menemukan susu yang cocok untuk perut saya. Dari semua yang sudah saya coba, hampir semua menyebabkan perut saya makin sakit dan perih setelah meminumnya.

Sampai akhirnya saya mencoba susu bubuk HiLo Active rasa Vanilla. Dan menurut saya susu merek ini paling aman bagi perut saya. Setelah percobaan pertama aman, sampai sekarang saya sering mengkonsumsi susu ini.

Bagi anda yang menderita maag atau asam lambung tinggi atau GERD seperti saya, tidak ada salahnya mencoba susu HiLo Active rasa Vanilla ini. Mungkin saja anda cocok dengan susu ini sama seperti saya. Oh ya, kenapa saya merekomendasikan untuk varian rasa Vanilla, karena untuk varian rasa yang lain, coklat misalnya, saya juga pernah mencoba dan masih membuat perut saya semakin sakit.

Nah, sekarang kembali ke diri masing-masing susu apa yang cocok untuk anda sebagai penderita maag atau asam lambung tinggi atau GERD. Silahkan share di kolom komentar di bawah ya. 

« PREV
NEXT »

No comments