LATEST POST
latest

Pengalaman Service "Dead Pixels" di ASUS Service Center


Hai sobat. Apa kabar?

Lama saya tidak menyentuh blog ini. Bahkan sudah berhari-hari statistik pengunjung di blog ini nol. Ya mungkin blog ini masih baru, dan belum banyak peminatnya. Maklum, artikel yang diposting juga masih sedikit.

Btw, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya service laptop saya di ASUS Service Center yang beralamat di Ruko Mangga Dua Square. Jadi bisa dibilang saya mau curhat pengalaman saya service laptop saya di ASUS Service Center. Tetapi akan saya awali dengan cerita saya beli laptop ASUS baru dan langsung rusak terlebih dahulu.

Baiklah, tanggal 13 Desember 2014, saya pergi ke Mall Mangga Dua bersama teman saya.  Waktu itu saya ke sana karena mau beli laptop untuk adik saya. Yang pada akhirnya saya menjatuhkan pilihan saya pada laptop ASUS.

Kenapa saya memilih ASUS? Karena saya melihat dari banyak teman-teman saya yang menggunakan Laptop ASUS dan rata-rata dari mereka bahkan hampir semua tidak ada kendala dan kerusakan. Saya melihat sendiri laptop mereka awet dan tahan lama. Lagi-lagi belajar dari pengalaman itu menurut saya lebih baik, makanya saya memilih membelikan adik saya laptop ASUS. Padahal laptop saya sendiri bukan ASUS, melainkan YA TOYHIBA yang saya beli ketika saya masih awal masuk kuliah kira-kira empat tahun yang lalu.

Kenapa saya tidak membelikan adik saya laptop YA TOYHIBA saja? Padahal pengalaman saya adalah sebagai user YA TOYHIBA bukan ASUS. Laptop saya masih bisa dipakai sih, walaupun sudah bobrok apalagi setelah saya service di YA TOYHIBA Service Center.

Jadi laptop saya pernah bermasalah, keyboardnya rusak, sama kabel adaptornya putus di dalam karena sering putus nyambung gitu waktu charging battery, battery juga udah sekarat alias bocor-bocor, udah itu aja sih. Nah, itu penggunaan baru kira-kira satu setengah tahun loh, dan garansi cuma setahun. Yaudah deh terpaksa saya bawa ke YA TOYHIBA Service Center untuk diperbaikki. Yang bikin jengkel adalah udah harga service mahal, aksesoris juga mahal, ditambah ada kerusakan baru lagi. Waktu itu sih si embaknya bilang via telepon kalau mau diganti semua yang disebutin kerusakannya total biaya kurang lebih 3 jutaan. Gila engga? Udah kaya beli baru aja kan? Saya marah-marah waktu itu, kok bisa bagian lain bisa rusak padahal sebelumnya baik-baik saja. Trus si embaknya bilang bla-bla-bla, yaudah saya bilang ngga usah diganti. Udah gitu waktu servicenya lama banget, 3-4 minggu kalau ngga salah. Dan setelah pulang dari sana, laptop saya justru nambah rusaknya, speaker kanan mati, DVD Driver ngga bisa ngebaca lagi. Parah pokoknya.

Kok malah bahas laptop YA TOYHIBA saya ya?

Oke-oke, back to beli laptop ASUS untuk adik saya. Akhirnya saya beli laptop ASUS seri X-200 di toko resmi ASUS di Mall Mangga Dua. Waktu di sana, saya cek kondisinya baik. Di sana juga ditawari untuk sekaliyan di-install-in OSnya, tetapi saya bilang di rumah aja bang. Saya bisa kok.

Sepulang dari sana saya ngga langsung install, maklum sibuk. Bahkan baru sempat sentuh lagi itu laptop seminggu kemudian. Dan apa yang terjadi? Ketika saya install windows 8.1, tiba-tiba setelah reboot timbul dead pixel berbentuk garis pada monitor. Letaknya agak bawah, melintang dari kiri ke kanan sepanjang monitor. Waktu itu saya bilang "BRENGKI nih ASUS, baru beli udah rusak aja!!!" Saya marah-marah.

Akhirnya laptop ASUS itu saya bawa kembali ke toko, saya berharap toko mau menggantinya dengan unit baru. Tetapi pihak toko ternya tidak bisa mengganti dengan unit baru karena garansi sudah berjalan. Pihak toko menyarankan untuk membawanya ke ASUS Service Center terdekat. Berangkatlah saya ke ASUS Service Center terdekat yaitu di Ruko Mangga Dua Square.

Sampai di sana, busyet dah antreannya bejibun. Saya datang jam setengah satu siang dan baru dipanggil jam dua lebih 15 menit. Saya sampaikan keluhan dan problem laptop saya kepada CSnya. CSnya baik dan ramah. Dia bilang "ini masih masuk garansi kok kak, tenang saja, nanti kita ganti dengan monitor baru". Dia juga bilang bahwa wakktu pengerjaan 5 hari kerja. Saya ke sana tanggal 23 Desember 2014, dan kata CSnya berarti pengerjaan akan selesai tanggal 29 Desember 2014 karena ada libur Natal dan Hari Minggu. Dalam hati saya bilang "Bagus juga ini ASUS, pelayanan cepat".

Sesuai kata CS ASUS Service Center bahwa kalau unit mau diambil customer harus menghubungi via telepon terlebih dahulu untuk memastikan barang sudah jadi apa belum. Makanya saya tanggal 27 Desember 2014, waktu itu hari Sabtu saya menghubungi CSnya. Waktu saya telepon, CS nya bilang bahwa hari itu juga unit sudah selesai diganti dengan monitor baru, sudah di running check juga dan sudah bisa diambil hari itu juga. Dalam hati saya bilang "WOW, ASUS keren banget." Belum ada lima, baru tiga hari hari kerja malahan udah selesai. Ribuan jempol -pinjem jempol tetangga- saya acungkan untuk ASUS Service Center. Dan kerennya lagi ASUS mau bertanggung jawab untuk mengganti dengan monitor yang baru. Namun, saya memutuskan untuk tidak saya ambil pada hari itu juga karena sesuai saran CSnya lebih baik hari Senin saja karena hari Sabtu ASUS Service Center hanya buka sampai jam 12 siang.

Akhirnya laptop saya ambil hari Senin dengan hasil memuaskan. Tidak ada kerusakan baru, waktu pelayanan cepat bahkan sangat cepat. ASUS Service Center benar-benar T-O-P-B-G-T dah. Jauh beda dengan Service Center yang saya ceritakan di atas tadi.
« PREV
NEXT »

No comments